silver-metallicPertama kali diluncurkan pada tahun 2013, baik Toyota Agya maupun kembarannya Daihatsu Ayla berhasil menjadi trendsetter di segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang saat itu belum populer di Indonesia. Kesuksesan duet kembar Ayla dan Agya membuat beberapa pabrikan ikut meramaikan segmen LCGC. Setelah Toyota Agya dan juga Daihatsu Agya, munculah beberapa varian LCGC merek lain, seperti Suzuki Karimun Wagon R serta Honda Brio. Konsep yang ingin dituangkan lewat LCGC Agya memang sangat dipahami oleh PT Astra Toyota. Toyota berhasil menghadirkan sosok mobil LCGC dengan konsep city car yang memilki bodi kompak dan cukup handal untuk dipakai di daerah perkotaan. Jika dibandingkan dengan dua merek rivalnya, Suzuki Karimun Wagon R dan juga Honda Brio, memang Toyota Agya memiliki bodi yang terlihat lebih mini. Namun hal itu justru menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Agya karena berbekal bodi yang mungil tersebut menjadikannya sangat asyik saat diajak melaju di jalanan perkotaan yang ramai. Persepsi mobil LCGC yang dicap “ringkih” pun berhasil dipatahkan oleh Toyota lewat mobil LCGC andalannya ini. Ya, untuk seri Toyota Agya ini, PT Astra Toyota meraciknya dengan menyertakan unsur-unsur safety dan kenyamanan. Jadi, tak heran jika akhirnya Agya menjadi salah satu varian yang diandalkan oleh Toyota dengan penjualan mencapai 4.172 unit.
toyota agya

Kepopuleran Toyota Agya jika dibandingkan dengan seri kendaraan LCGC lainnya memang tak bisa dianggap remeh. Jika Honda Brio diklaim lebih cocok bagi pengendara yang berjiwa muda, maka Agya hadir dengan segmen yang lebih umum. Secara kualitas pun Toyota Agya juga memiliki standar yang cukup bagus. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ASEAN NCAP, Agya mendapatkan hasil yang cukup positif dengan nilai 4 dari 5. Pastinya, dengan hasil tersebut perlahan persepsi miring soal LCGC bisa terbantahkan. Apalagi melihat kredibiltas ASEAN NCAP sebagai badan sertifikasi keamanan mobil resmi di Asia Tenggara. Selain tingkat kelayakannya yang sudah bersertifikat resmi, Toyota Agya pun juga memiliki performa dan fitur yang tak kalah dengan LCGC keluaran pabrikan lain. Sebagai salah satu pionir di segmen LCGC, Agya memang dibekali dengan spesifikasi mesin dan kelengkapan fitur yang cukup baik. Kali ini Toyota mengandalkan mesin seri 1KR 12 yang merupakan mesin DOHC 3 silinder 12 katup. Mesin yang menjadi pusat tenaga Toyota Agya tersebut memiliki kapasitas 1.000 cc yang cukup handal untuk penggunaan di daerah perkotaan. Selain mesin yang cukup tangguh, Toyota pun membekali Agya dengan fitur-fitur canggih semisal dual SRS airbags, Audio DIN untuk tipe E dan G, AC, ISOFIX serta electric mirror untuk tipe Toyota Agya TRD S. Bila dibandingkan dengan Suzuki Karimun Wagon R atau kembarannya Daihatsu Ayla, memang secara umum Agya memiliki kualitas yang seimbang karena sama-sama merupakan seri kendaraan jenis LCGC. Kelebihan yang dimiliki Agya tentunya bodinya yang lebih kompak dan cocok untuk semua pengendara. Apalagi, kinerja mesin besutan Toyota sudah tak bisa diragukan lagi. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini Mas Sena punya ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Toyota Agya yang pastinya sayang untuk anda lewatkan.
mobil toyota agya

Secara kasat mata, tampilan fisik dari spesifikasi Toyota Agya ini akan membawa kita pada sosok city car yang kompak dan menyenangkan untuk dikendarai. Seperti tagline Toyota “Totally You” pada Agya, mobil ini sebisa mungkin memang disesuaikan dengan karakter pengemudinya. Untuk Toyota Agya tipe E dan G, tampilan eksteriornya memang terlihat sama. Agya tipe E dan G memiliki konsep desain bodi yang tergolong rendah, tak seperti Suzuki Karimun Wagon R yang menjulang tinggi. Bagian fascia Toyota Agya tipe E dan G hadir dengan bentuk lampu utama yang cukup lebar, lalu disatukan dengan panel grill aluminium yang memiliki bentuk melengkung ke bawah. Wajah Agya tipe tersebut juga dipermanis dengan desain foglamp kecil di bagian ujung bawah yang memiliki rumah berbentuk segitiga miring. Berpindah ke bagian samping, Toyota Agya memiliki desain bodi samping khas Toyota dengan aksen bodi minimalis dilengkapi oleh panel krom yang melintang pada pintunya. Sementara itu, untuk Agya tipe TRD S, secara umum konsep desain bodinya masih sama. Namun hanya saja Toyota Agya TRD S dilengkapi dengan unit body kit pada bagian bawah yang membuatnya memiliki tampilan lebih sporty. Selain itu, Agya tipe TRD S juga dibekali dengan electric outer mirror. Berpindah ke bagian buritan, ketiga tipe Toyota Agya ini sebenarnya memiliki konsep desain bagian belakang yang sama. Buritan Agya masing-masing tipe tampil dengan sentuhan gaya minimalis lewat lampu utama yang berbentuk tegak. Kecuali pada tipe TRD S, konsep buritan Agya memang nampak ‘melompong’ dan tak terlalu ramai dengan penambahan aksesoris. Desain kaca yang berbentuk persegi panjang melengkung pun berpadu cantik dengan konsep bodi pada spesifikasi Toyota Agya yang berbentuk elips.

Umummnya sebagai kendaraan LCGC, fitur interior akan dipangkas sedemikian rupa untuk menekan biaya produksi. Namun Toyota ternyata tak terlalu mengorbankan fitur interior di mana pada si mungil Agya masih memiliki interior yang tak terlalu mengecewakan. Dimulai pada bagian dashboard, bagian pusat kendali Toyota Agya ini didominasi oleh warna hitam dan silver. Pilihan cluster dengan aksen silver semakin manambah tampilan interior Toyota Agya menjadi lebih cantik. Kemudian, pada bagian setir kemudi dirancang tak terlalu banyak panel layaknya mobil SUV atau mobil lainnya dengan desain yang juga tidak mencolok. Sama seperti mobil bersegmen LCGC lainnya, dashboard Toyota Agya juga hanya dilengkapi dengan panel Audio, AC, serta tombol power windows. Satu hal baru yang ada pada Agya adalah, ternyata Toyota sudah membekali mobil LCGC ini dengan passenger seat model terbaru. Bangku penumpang Toyota Agya kini sudah menggunakan jok model ISOFIX untuk memberikan kenyamanan serta keamanan bagi penumpang yang membawa bayi. Sedangkan untuk bagasi belakang, kini spesifikasi Toyota Agya diprogram untuk bisa memberikan daya tampung ekstra dengan model kursi jok belakang yang bisa dilipat. Jadi meskipun terkesan minimalis, duduk di kabin Agya masih tetap terasa nyaman.

Secara fisik, karena disegmentasikan di pangsa pasar city car, sudah pasti Agya didesain dengan ukuran bodi yang kompak, tak terlalu besar namun tetap memberikan ruang kabin yang lega. Secara fisik, Toyota Agya memiliki ukuran tubuh 3600 x 1600 x 1520 mm dengan berat kosong mencapai 180 kg. Tak terlalu besar memang, namun karena Toyota meracik interior sedemikian rupa maka pengemudi dan penumpang pun tak akan merasa sesak saat di bagian dalam. Selain itu, dengan dimensi tersebut Toyota Agya sangat pas untuk diajak jalan-jalan di perkotaan ataupun untuk aktivitas yang membutuhkan mobilitas tinggi. Sedangkan jika kita lihat pada jarak ground clearance yang dimilikinya, Toyota Agya sebenarnya kurang cocok untuk diajak bermanuver di luar kota yang memiliki kontur tanah tidak rata. Meski begitu, si mungil Agya ini tetap bisa diandalkan saat anda melaju di daerah-daerah karena dibekali dengan sasis yang kokoh dan suspensi mantap. Sistem suspensi yang dimiliki Toyota Agya sudah dibekali suspensi jenis MacPherson Struts dengan pegas koil untuk bagian depan, dan Semi independent torsion axle beam dengan pegas koil untuk suspensi bagian belakang. Berbekal suspensi mumpuni tersebut, Toyota Agya siap memberikan kenyamanan serta stabilitas tinggi dalam berkendara. Sedikit perbedaan akan anda temui pada bagian kaki-kakinya. Untuk Agya tipe E, Toyota mengaplikasikan velg ring 13 inci yang dibalut oleh ban berukuran 155/80. Sementara spesifikasi Toyota Agya tipe G dan TRD S dibekali dengan velg jenis alloy wheel 14 inci yang dibalut oleh ban berukuran 175/65.

Berbicara soal performa tentu hubungannya adalah dengan ruang dapur pacu. Pandangan penggemar otomotif pada mobil LCGC kebanyakan memang terkesan meremehkan. Hal ini karena biasanya unit kendaraan LCGC hanya dibekali dengan spesifikasi mesin minimalis yang tak terlalu tangguh. Namun pandangan itu coba dibuang jauh-jauh oleh Toyota Agya ini. Meski masih mengandalkan mesin ber-cc kecil, namun secara performa si mungil Agya ini cukup tangguh. Kali ini, dalam ruang dapur pacu Agya ‘dijejali’ dengan mesin Toyota seri 1KR 12. Mesin tersebut merupakan mesin DOHC 3 silinder sejajar dengan 12 katup. Mesin Toyota Agya tersebut memiliki kapasitas silinder 998 cc yang mampu memuntahkan daya maksimal sebesar 65,3 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara untuk torsinya adalah sebesar 88 kgm pada 3.600 rpm. Untuk ukuran mobil LCGC, mesin Toyota Agya ini merupakan salah satu yang paking tangguh di kelasnya. Apalagi, Toyota sudah menggunakan mesin jenis EFI yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien. Jadi, meski kelasnya hanya LCGC, namun spesifikasi Toyota Agya pada bagian ruang dapur pacu dibekali dengan mesin yang cukup tangguh dan tentunya irit konsumsi bahan bakar.

Mungkin masih teringat di benak kita jika secara kualitas keamanan serta kenyamanan pengendara, Agya berhasil mendapat rating cukup baik di uji tabrak tingkat ASEAN. Hal itu jelas merupakan pembuktian yang cukup sahih bahwa spesifikasi Toyota Agya dibangun dengan kualitas standar internasional. Hal ini memang membawa dampak yang cukup baik karena sebelumnya kendaraan LCGC termasuk Agya dipersepsikan secara negatif oleh segelintir orang. Nilai positif yang didapat Toyota Agya tak lebih karena mobil ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur keamanan mumpuni, seperti misalnya dual SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan. Selain itu ada juga teknologi body structure reinforcement terbaru yang memiliki kemampuan untuk melindungi seluruh bodi Toyota Agya saat terjadi benturan.Kemudian, ada juga sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limiter, serta jok ISOFIX yang dilengkapi jok khusus balita agar tak terhempas ketika terjadi kecelakaan. Sedangkan untuk sistem keamanannya, Toyota Agya juga sudah didukung dengan 5 Alarm Setting. Itu untuk fitur keamanannya, sedangkan untuk fitur penunjang kenyamanan rupanya juga tak kalah komplet dengan hadirnya fitur kenyamanan kelas satu. Fitur kenyamanan pada Toyota Agya meliputi Electronic Power Steering, AC, Power Door Lock, Power Windows, dan juga Eco Model Indicator untuk memantau konsumsi bahan bakar mobil. Sedangkan bagian entertaintment-nya, spesifikasi Toyota Agya kedatangan fitur 2 DIN Intergrated Audio dan Multi Information Display (MID) siap menunjang kebutuhan hiburan untuk anda di dalam kabin mobil LCGC andalan Toyota ini.

 

Toyota Agya

TipeTipe E (M/A)Tipe G (M/A)Tipe TRD S (M/A)
Mesin
Seri Mesin1KR 12
Tipe Mesin3 Silinder sejajar, 12 katup, DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC
Isi Silinder (cc)998
Diameter x Langkah (mm)71.0 x 84.0
Daya Maksimum (Ps/rpm)65.3/6000
Torsi Maksimum (Kgm/rpm)88/3600
Sistem Pemasukan Bahan BakarEFI
Kapasitas Tangki (L)33
SteeringEPS
Dimensi
P x L x T (mm)3600 x 1600 x 1520
Jarak Poros Roda (mm)2450
Jarak Pijak Depan (mm)1430
Jarak Pijak Belakang (mm)1425
Berat Kosong (kg)180
Sasis
Transmisi4-Speed Automatic/5-Speed Manual
Suspensi DepanMacPherson Struts dengan pegas koil
Suspensi BelakangSemi independent torsion axle beam dengan pegas koil
Rem DepanDisc
Rem BelakangDrum 165
Ukuran Ban155/80 R13 with steel & wheel cap175/65 R14 Alloy Wheel

Harga OTR

agya